Pelatih Dewa United Soroti Banyaknya Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia: Sebuah Tantangan Besar

Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekenrink
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia kini jor-joran merekrut pemain naturalisasi berdarah Belanda. Sebab itulah, ada yang menyebut bahwa Timnas Indonesia 'rasa Belanda'.

Pengamat Sepakbola Apresiasi Keharmonisan Shin Tae-yong dengan Pemain Timnas Indonesia

Sederet pemain naturalisasi telah dirampungkan. Terbaru, ada 3 pemain berdarah Belanda dinaturalisasi menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dimana Indonesia akan melawan Vietnam.

Ketiga pemain itu adalah bek kiri Nathan Tjoe-A-On, gelandang Thom Haye, serta penyerang Ragnar Oratmangoen.

Shin Tae-yong Ternyata Ingin Latih Korea Lagi, Lalu Indonesia?

Atas banyaknya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia itu, pelatih Dewa United Jan Olde Riekerink yang notabene berasal dari Belanda angkat bicara. Menurutnya, dengan hadirnya banyak pemain naturalisasi itu, Indonesia tidak boleh mengabaikan potensi pemain lokal.

"Sebagian besar pemain kita (Timnas Indonesia) diambil dari Belanda (pemain keturunan), tapi kita tidak boleh melupakan pendidikan untuk pemain kita sendiri (lokal)," ujar Riekerink dalam pernyataannya yang dikutip Selasa (19/3/2024).

Yakin Tembus ke Final, Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya

Jan Olde Riekerink kemudian menyebut salah satu anak asuhnya, Ricky Kambuaya sebagai salah satu pemain lokal yang memiliki potensi luar biasa untuk ditampilkan.

"Bagi saya, Ricky Kambuaya dari tim kami (Dewa United) adalah contoh yang bagus. Dia pemain lokal yang sangat baik. Dia adalah subjek yang saya kagumi dan dia bersedia untuk belajar," sambung pelatih berusia 61 tahun itu.

Halaman Selanjutnya
img_title