Penggunaan VAR di Liga 1, Nick Kuipers: Bagus untuk Sepakbola Indonesia

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pemain Persib Bandung, Nick Kuipers menyambut baik penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1. VAR akan diterapkan di babak semifinal Championship Series musim ini, hal ini menjadi pertama di Indonesia.

Bobotoh Vs Steward: Dimediasi Persib, Bantah Tegas soal Pelecehan Seksual

Wacana penggunaan VAR sebenarnya sudah bergulir sejak awal musim 2023-2024. Namun, terdapat kendala sehingga VAR baru digunakan di babak Championship Series musim ini.

Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, masalah yang sempat menjadi kendala penggunaan VAR adalah sumber daya manusia (SDM) sehingga rencana tersebut ditunda.

Link Live Streaming Persib Bandung Vs Madura United Hari Ini Sabtu 28 September 2024

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers mengungkapkan penggunaan VAR merupakan langkah bagus untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Di Eropa, kata Kuipers, banyak peristiwa penting diperiksa melalui alat teknologi canggih tersebut.

"VAR bagus untuk sepakbola Indonesia, seperti di sepakbola Eropa, ada banyak situasi penting yang diperiksa melalui VAR dan kebanyakan membantu wasit mengambil keputusan dengan tepat," kata Nick Kuipers di situs Liga 1.

Bojan Hodak Enggan Remehkan Madura United: Mereka Punya Performa Bagus!

Pemain asal Belanda itu juga menyampaikan penggunaan VAR merupakan hal positif bagi sepakbola Indonesia.

"Saya rasa ini jadi penting terutama pada laga final karena semua ingin menang di pertarungan ini dan ini adalah pertandingan yang penting. Saya rasa hal positif dengan penggunaan VAR di sepak bola Indonesia," dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
img_title