Timnas Indonesia Diuntungkan dengan Desakan Pencopotan Israel dari Keanggotaan FIFA

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan
Sumber :
  • PSSI

VIVA Jabar – Timnas Indonesia bisa saja lolos Olimpiade Paris 2024 asalkan Israel benar-benar diboikot oleh FIFA. Tentunya hal ini akan menguntungkan skuad Garuda.

2 Pemain Senior Ribut Bikin Suasana Internal Timnas Inggris Memanas

Diketahui, Israel terancam ditendang oleh FIFA. Hal itu lantaran enam negara mendesak FIFA agar mencopot keanggotaan Israel dalam kongres tahunan yang diadakan di Bangkok, Jumat 17 Mei 2024.

Awalnya, presiden federasi sepakbola Palestina (PFA) Jibril Rajoub meminta FIFA untuk mengeluarkan Israel dari keanggotaan mereka. Desakan itu didukung oleh lima negara lainnya yakni Irak, Yordania, Yaman, Suriah, Aljazair.

4 Tim yang Lolos Babak 16 Besar EURO 2024

Penyebabnya tak lain karena kekejian militer Israel yang telah membunuh ribuan warga sipil Palestina. Selain itu, militer Israel juga telah mengebiri hak warga Palestina bermain sepakbola.

Sejumlah fasilitas sepakbola di Palestina rusak parah, termasuk di wilayah Gaza. Karena desakan itu, presiden FIFA Gianni Infantino sudah meminta pandangan kepada 211 negara anggota FIFA perihal wacana pendepakan Israel dari keanggotaan mereka.

Chelsea Siap Tebus Mahal Bintang Timnas Spanyol Ini

Dari 211 negara itu, 37 negaranya mengutuk aksi keji militer Israel. Adapun FIFA akan menggelar rapat darurat, diprediksi pada 20 Juli 2024. Di tanggal tersebut akan diputuskan apakah Israel bakal didepak dari keanggotaan FIFA atau tidak.

Jika FIFA benar-benar memboikot Israel, bisa saja Timnas Indonesia mendapatkan keuntungan. Pasalnya, Israel akan dicoret dari sejumlah turnamen yang mereka ikuti, salah satunya adalah Olimpiade 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title