PSSI Bicara Jujur Soal Maarten Paes Tak Kunjung Gabung Timnas Indonesia

Maarten Paes
Sumber :
  • X/FC Dallas

VIVa Jabar – PSSI bicara jujur terkait masalah Maarten Paes yang masih belum bergabung bersama Timnas Indonesia. Padahal sang pemain sudah resmi menjadi WNI pada 30 April 2024 lalu.

Timnas Belanda Menang Tipis Atas Polandia Berkat Gol Wout Weghorst

Diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga FIFA Matchday pada Juni ini. Namun, dalam daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, tak ada nama Maarten Paes.

Terkait hal itu, anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa statuta FIFA masih menjadi penghalang bergabungnya Paes ke Timnas Indonesia. Kiper FC Dallas itu terbentur Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

Thom Haye Curhat Kegilaan Suporter Timnas Indonesia ke Media Asing, Begini Katanya

Adapun statuta itu menyatakan bahwa Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun.

Sedangkan Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21. Penampilan terakhirnya berlangsung pada 15 November 2020 di babak Kualifikasi Euro U-21 2021 saat menginjak umur 22 tahun.

Justin Hubner Akui Kesalahan yang Bikin Timnas Indonesia Kalah dari Irak

"Ini perlu saya sampaikan informasi terbaru mengenai Marteen Paes. Jadi begini, Marteen Paes ini ada pertandingan ketika dia sudah berusia 22 tahun," ujar anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

"Menurut Statuta FIFA itu tidak diperbolehkan lagi pindah federasi, tapi masih ada celah kenapa sampai dia bermain di usia 22 tahun untuk Belanda, dan ini sudah kami konfirmasi dengan KNVB," katanya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
img_title