Maudy Ayunda Tuai Kritikan Gara-gara Mau Hapus Pilihan Ganda dalam Ujian Bila Jadi Menteri Pendidika

Maudy Ayunda
Sumber :
  • Intipseleb

VIVA Jabar – Aktris cantik Maudy Ayunda kini masuk dalam jajaran trending di platform X (Twitter) hari ini. Namun, ia justru menjadi sasaran nyinyir netizen lantaran memiliki rencana yang berlawanan dengan mayoritas publik.

Penolakan Rumah Sakit Berujung pada Kehilangan Nyawa di Malang

Dalam sebuah wawancara bersama TikTokers @felicia.tjiasaka, Maudy Ayunda mengungkapkan harapannya apabila ia berkesempatan menjadi menteri pendidikan. Menurutnya, sistem assessment di Indonesia perlu dievaluasi. Tujuannya, agar siswa dapat lebih berpikir kritis.

"Bisa dibilang aku pasti akan mengubah satu assessment [evaluasi pendidikan]. Karena assesment itu memfilter keseluruhan, akhirnya akan berdampak ke cara guru mengajar, cara murid belajar, dan cara orang tua mengapresiasi atau memberi reward ke anaknya," ungkap Maudy Ayunda, dikutip Jumat 15 September 2023.

Fadli Zon Sindir Akademisi yang Baru Kritis Pemilu 2024, Tapi 800 KPPS Tewas di 2019 Justru Diam

Wanita berusia 28 tahun itu menilai, sistem evaluasi pendidikan di Indonesia selama ini kurang membuat para murid berpikir kritis. Itu sebabnya, Maudy berpendapat jika sistem pilihan ganda dihapuskan, pendidikan di Indonesia akan berubah.

"Kalau assesment-nya open ended question dan bukan multiple choice (pilihan ganda), pasti murid juga belajarnya beda, guru juga ngajarnya beda dan akhirnya yang di-grading itu critical thinking, analyzing, dibanding memorization. Tapi di luar itu misi terbesar aku adalah pengen membangun budaya cinta belajar aja di Indonesia," tutur isrti Jesse Choi itu.

Urgensi Advokasi Terhadap Peningkatan Kesadaran Peduli Lingkungan

Perempuan yang bercita-cita menjadi guru itu berharap keinginannya bisa terwujud. Meskipun dirinya sadar bahwa pendidikan bukan sekedar hal-hal yang bersifat formalitas.

"Ini hal kecil yang menurut aku bisa membawa perubahan. Tentunya akan ada banyak lainnya ya, maksudnya pendidikan enggak cuma itu," pungkas Maudy.

Halaman Selanjutnya
img_title