Disebut Istri Nusyuz, Begini Respon Pihak Inara Rusli

Inara Rusli
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Retak rumah tangga pasangan selebritis Virgoun dan Inara Rusli kini sudah sampai pada tahap sidang perceraian. Tahapan yang cukup menegangkan adalah ketika membahas hak asuh anak, baik Virgoun maupun Inara sama-sama merasa berhak mengasuh ketiga anaknya.

Ria Ricis Resmi Cerai dari Teuku Ryan, Apa Langkah Selanjutnya?

Melalui tim kuasa hukumnya, Virgoun memberikan penjelasan bahwa pihaknya berhak mendapatkan hak asuh. Maka lewat duplik yang berikan pihak Virgoun kepada majlis hakim, ia menyebut bahwa Inara Rusli adalah istri Nusyuz.

"Alasan Bapak Virgoun dalam duplik jawabannya Ibu Inara ini dianggap nusyuz," kata Arjana Bagaskara selaku kuasa hukum Inara Rusli saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Putusan Cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan: Talak dan Hak Asuh Anak

Lalu, Apakah Arti dari Nusyuz itu?

Menurut Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji 'ala Madzhab al-Imam al-Syâfi'i terbitan Surabaya: Al-Fithrah tahun 2000, juz IV, halaman 106, mendefinisikan nusyuz-nya seorang perempuan ialah sikap durhaka yang ditampakkannya di hadapan suami dengan jalan tidak melaksanakan apa yang Allah wajibkan padanya, yakni taat terhadap suami.

Inara Rusli dan Virgoun Sepakat Damai, Saling Cabut Laporan Polisi

Dalam kitab itu dijelaskan, Nusyuz-nya perempuan ini hukumnya haram, dan merupakan satu dari beberapa dosa besar.

Menanggapi hal itu, pihak Inara Rusli tidak mempermasalahkan tudingan nusyuz tersebut. Ia lebih menyerahkan kepada majlis hakim untuk memutuskannya di pengadilan.

Halaman Selanjutnya
img_title