Wali Kota Pariaman Kagumi Pengelolaan dan Pengembangan Desa Wisata Lerep-Jawa Tengah

Ganjar Pranowo terima rombongan Studi Tiru Pemkot Pariaman-Sumbar
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Desa Lerep yang berada di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang menjadi salah satu Desa Wisata unggulan di Jawa Tengah. Pada November tahun 2022, Desa Wisata Lerep sukses sebagai kategori Desa Wisata Maju.

Gedung Tua Batavia, Jejak Sejarah yang Terus Bersinar

Pada pertengahan bulan lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi desa tersebut. Ganjar mendampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar, yang sedang melakukan studi tiru kepala desa, lurah dan camat se-Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. 

Pada kunjungan itu, Ganjar memperkenalkan Desa Wisata Lerep yang memiliki potensi wisata tinggi. Mulai dari wisata edukasi, wisata air, wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam hingga wisata atraksi. 

Segera Sidak PO Bus di Subang, Dishub Buat Surat Edaran

"Desa (Lerep) sudah teruji. Mulai dari daerah yang sangat kering, terus ada bantuan keuangan yang dipakai untuk membangun embung ada manfaat untuk pertanian, tapi juga pariwisatanya boom bahkan beberapa kali menjadi juara," ujar Ganjar di lokasi.

Lima Tumbuhan Liar yang Aman Dikonsumsi, Apa Saja?

Ganjar menjelaskan, perkembangan Desa Wisata Lerep tak lepas dari kolaborasi antara Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Semarang serta peran aktif warganya dalam mengoptimalkan potensi di daerah. 

Di Jawa Tengah, Ganjar mendorong pengembangan dan kemajuan desa wisata dengan membuat peraturan khusus. Antara lain melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata.

Halaman Selanjutnya
img_title