Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Salah satu tempat wisata di Purwakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta meminta kepada pihak pengelola wisata untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada wisatawan.

Cukupi Ketersediaan Air di Waduk Kaskade Citarum, Jasa Tirta II Turut Sukseskan Operasi Modifikasi Cuaca 2024

Mulai dari fasilitas hingga wahana diharapkan bisa dilakukan pengecekan dan pemeliharaan agar wisatawan betah dan nyaman untuk datang kembali ke destinasi wisata yang ada di Purwakarta.

"Ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan untuk menjadi perhatian para pengelola tempat wisata dan masyarakat. Mulai dari persiapan keamanan dan kenyamanan pengunjung, pelayanan dan tarif hingga promosi dan informasi," jelas Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Dodi Samsul Bahri beberapa waktu lalu.

Survei Indikator Politik, Paslon Zeinjo Unggul Lebih 50 Persen di Pilkada Purwakarta

Tak lupa, Dodi juga mengingatkan kepada pihak pengelola agar menyiapkan personel keamanan yang memadai guna mengantisipasi lonjakan wisatawan.

Ia meminta agar dibuatkan alur keluar-masuk pengunjung wisata yang jelas untuk menghindari penumpukan dan kepadatan.

Rem Blong Picu Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92

Selain itu, kebersihan juga menjadi yang utama di area wisata. Harus melakukan pengelolaan sampah dengan baik.

Terkait dengan pelayanan dan tarif, Dodi meminta pihak pengelola tempat wisata dapat memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada seluruh pengunjung.

"Pastikan tarif yang dikenakan kepada pengunjung sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tampilkan informasi tarif dan layanan dengan jelas dan mudah diakses oleh pengunjung," katanya.

Sementara itu, di Purwakarta terdapat 62 titik destinasi wisata, 37 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan wisata edukasi.