5 Langkah Sederhana Lindungi Data Anak di Medsos, Orang Tua Harus Tahu

Ilustrasi Anak Main Gadget
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Pada era digital seperti sekarang, media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Sudah banyak sekali anak-anak yang terpapar internet, bahkan menyelami media sosial. Tidak jarang, anak-anak lebih tahu daripada orang tua.

7 Aturan Screen Time pada Anak agar Tidak Kecanduan Gadget

Namun penting sekali bagi orang tua untuk memastikan data anak tetap aman, terutama ketika bermain medsos. Anak-anak harus diberitahu mengenai data dan privasi, agar tidak bocor dan disalahgunakan pihak tidak bertanggung jawab.

Lalu bagaimana cara melindungi data anak di medsos? Berikut ini adalah 5 langkah sederhana yang bisa orang tua lakukan.

1. Ajari Anak Tentang Privasi

Google Phone Hadir untuk Bantu Hindari Penipuan Lewat Telepon

Pendidikan merupakan langkah pertama yang paling penting. Orang tua harus bisa menjelaskan kepada anak tentang pentingnya menjaga informasi pribadi, seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan nama sekolah. Ajarkan kepada mereka untuk tidak membagikan informasi ini kepada orang asing di dunia maya.

2. Pantau Aktivitas Online

Sebagai orang tua, penting untuk selalu memantau aktivitas online anak. Ini bisa dilakukan dengan cara mengecek daftar teman mereka di media sosial, melihat konten yang mereka posting, dan mengawasi pesan yang mereka terima. Ada juga berbagai aplikasi yang bisa membantu orang tua dalam mengawasi aktivitas online anak.

Halaman Selanjutnya
img_title
Langkah Dapatkan Uang dari TikTok Afiliasi, Cair Tak Menunggu Lama