Jemaah Haji di Mekah dan Madinah Mulai Kirim Paket Oleh-oleh Musim Haji ke Tanah Air

Layanan Kargo Haji PosIND
Sumber :
  • Istimewa

VIVAJabar - PT Pos Indonesia atau PosIND mulai mendistribusikan paket box lewat Layanan Kargo Haji Pos Indonesia dengan kiriman jemaah ke sejumlah daerah di Indonesia. Kargo haji kiriman jemaah tersebut tersebut tiba ke alamat tujuan sesuai estimasi waktu yang dijadwalkan. 

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PosIND Tonggo Marbun mengatakan, sejak layanan kargo haji dibuka, layanan tersebut langsung mendapatkan respons positif dari para jemaah. Mereka memanfaatkan layanan tersebut untuk mengirimkan sejumlah barang seperti oleh-oleh untuk keluarga di Indonesia. 

“Kiriman pertama dari Arab Saudi telah tiba di Indonesia melalui jalur udara dan langsung kami kirimkan ke alamat tujuan. Paket tersebut tiba sesuai jadwal antara 2-3 minggu,” jelas Tonggo, Senin 3 Juni 2024.

Lebih lanjut dia mengatakan, para jemaah haji, saat ini sangat dimudahkan dengan adanya layanan kargo haji PosIND. Terdapat puluhan titik loket di sekitar Makkah dan Madinah yang siap melayani kiriman jemaah haji. Tarif kargo haji PosIND juga terjangkau yaitu 22 Real. 

Sebelumnya, layanan kargo haji PosIND langsung bekerja, setelah mendapatkan sejumlah order kiriman dari jemaah di Madinah dan Makkah. Kiriman dikemas menggunakan box kardus khusus Pos Indonesia berwarna putih. Menurut Tonggo, ada puluhan titik kargo haji PosIND yang sudah disiapkan di Makkah dan Madinah. Titik kargo haji PosIND berada di sekitar penginapan, hotel, atau kawasan lainnya yang mudah diakses jemaah haji. 

Jemaah yang akan melakukan pengiriman barang melalui kargo haji PosIND harus mematuhi beberapa persyaratan internasional. Pertama, beberapa barang, seperti bahan berbahaya, obat terlarang, dan barang-barang terlarang lainnya, Dangerous Goods tidak diizinkan untuk dikirim. Kedua, barang dikemas dengan aman dan sesuai standar internasional untuk pengiriman udara. 

Pengepakan yang buruk dapat menyebabkan kerusakan barang selama transit. Ketiga, pastikan informasi pengirim dan penerima lengkap dan akurat, termasuk alamat lengkap, nomor telepon dan email. “Keempat, tetapkan nilai yang akurat untuk barang Anda saat mengisi formulir deklarasi. Nilai yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah saat melewati pabean,” katanya. 

Layanan Kargo Haji PosIND

Photo :
  • Istimewa

Secara spesifik, ada beberapa barang yang dilarang untuk dikirim melalui kargo haji, diantaranya air zamzam, senjata, uang, emas, nerkoba, hewan, dan lainnya. Sedangkan barang yang diperkenankan seperti pakaian, sajadah, kurma, cokelat, mukena, sarung, dan lainnya. 

Diketahui, pada musim haji 2024 PosIND luncurkan layanan Kargo Haji untuk mengirimkan barang-barang jemaah Haji asal Indonesia dari tanah suci ke Indonesia. Layanan ini memberi kemudahan kepada para jemaah dalam mengirimkan barang bawaan mereka dari Tanah Suci dengan tarif terjangkau.

Layanan kargo haji PosIND tidak hanya menawarkan tarif terjangkau, tetapi memastikan keamanan dan keandalan dalam pengiriman barang. Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para jemaah dalam mengurus pengiriman barang mereka dari Tanah Suci. Diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, jasa keuangan, serta property. Didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746, PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia.

 Sejak 2023, perusahaan yang identik dengan logo burung merpati ini meresmikan merek dan logo barunya yang bertajuk PosIND. PosIND yang merupakan singkatan dari Pos Indonesia Integrated National Distribution merupakan wujud langkah transformatif Pos Indonesia sebagai perusahaan logistik yang dapat bersaing secara global. Dalam melaksanakan pelayanan pos di Indonesia, perusahaan ini membaginya ke dalam enam daerah atau regional. Pembagian regional tersebut mencakup seluruh provinsi yang ada di Indonesia, yakni 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 3.663 Kantor Cabang Pembantu.

Seiring zaman yang makin modern, transformasi digital diterapkan oleh PosIND pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan oleh, yaitu Pos Aja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier dan Pospay, aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro. Saat ini, PosIND memiliki tiga anak perusahaan, yaitu Pos Logistics yang bergerak pada bidang bisnis logistik, Pos Properti yang mengurus sektor perhotelan dan bisnis konstruksi property, dan Pos Fin, layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan berbasis teknologi.*