Pelajari Gejala dan Cara Atasi Wasir Internal

Ilustrasi Penyakit, Gagal Ginjal (Pinggang)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Wasir internal adalah kondisi medis dimana pembuluh darah di dalam rektum atau anus membengkak atau meradang. Wasir internal terjadi ketika pembuluh darah di dalam rektum membengkak dan memperbesar.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

Gejala wasir internal meliputi pendarahan saat buang air besar, rasa tidak nyaman di area anus, dan perasaan tidak puas setelah buang air besar. 

Wasir internal dapat disebabkan oleh faktor internal seperti kehamilan, sembelit kronis, atau faktor eksternal seperti duduk terlalu lama di toilet atau mengangkat beban yang berat.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

"Wasir dapat dipicu oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama, sembelit atau diare yang berkepanjangan, sering mengangkat beban yang terlalu berat, kehamilan atau baru melahirkan, dan obesitas," ujar dr. Alice Sutedjo Lisa, M.K.M selaku Direktur utama RS. Telogorejo dalam keterangannya.

Kurnia Mega Sentil Bola Mata Anaknya, Mantan Istri Ngamuk Tak Terima

Benjolan pada wasir mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. 

Wasir internal juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar.

Halaman Selanjutnya
img_title