Masuk Nominasi IGA 2023, Plh Sekda Paparkan Inovasi Unggulan Jabar

Plh Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja di Gedung Kemendagri
Sumber :
  • Humas / DKIS Prov Jabar

VIVA Jabar - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja memaparkan inovasi unggulan Pemda Provinsi Jabar dalam Tahapan Penilaian Presentasi Kepala Daerah dalam rangka Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Upaya Pemkab Purwakarta Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi

Setiawan mengatakan, Pemdaprov Jabar memiliki sekitar 153 inovasi yang terdiri dari 39 inovasi tata kelola pemerintah daerah, 70 inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya. Inovasi itu terbagi kepada Inovasi Digital, dan Inovasi Non-Digital.

Dalam presentasi tersebut, Setiawan juga memaparkan inovasi digital bernama Open Data Jabar.

Spesifikasi Redmi A3x: Ponsel Canggih dari Xiaomi Siap Ramaikan Pasar Gadget

Inovasi itu merupakan implementasi dari Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Pergub Jabar No. 47 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Satu Data Jawa Barat.

356 Siswa SMK Telkom Makassar Ikuti Pelatihan Awareness Literasi Digital

"Ini salah satu inovasi Jawa Barat yang sudah dimanfaatkan oleh instansi pemerintah maupun oleh publik," ucap Setiawan.

"Kebaruan dari Open Data Jawa Barat adalah ragam data dan fitur yang tersedia cukup banyak, mulai dari dataset, visualisasi, infografik, meta data hingga artikel tersedia dan terstandarisasi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title