4 Jurnalis Rusia Diintai Uni Eropa, Ponsel Diretas Pakai Pegasus

Ilustrasi : Perangkat Lunak / Software NSO Group asal Israel (Pegasus)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Kabar buruk datang dari seorang jurnalis asal Rusia, Galina Timchenko. Ponsel miliknya diduga diretas oleh program malware Israel yang diketahui belakangan berbasis di Latvia dengan menggunakan Pegasus

Milisi Iran Gempur Haifa dengan Rudal , Kota Terbesar Ketiga Israel dalam Ancaman Serius!

Pengguna program malware israel tersebut ditengarai berasal dari salah satu negara Uni Eropa yang belum diketahui nama negaranya.

Namun, bila dilihat dari nama negara yang merujuk kepada Latvia, pecahan Uni Soviet. Akan tetapi, pihak berwenang di Riga-ibu kota Latvia- membantah terlibat dalam insiden mata-mata tersebut. 

Respon Pemimpin Hamas Usai Tiga Anaknya Tewas Dirudal Israel

Timchenko merupakan seorang jurnalis pendiri situs berita Meduza pada 2014. Ia mengatakan kepada The Guardian bahwa dirinya menerima pesan dari Apple awal tahun ini yang memberitahukan bahwa ponselnya diretas sebelum pertemuan para pekerja media Rusia di Berlin, Jerman. 

7 Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2024, Gak Nyangka Israel Salah Satunya!

Tak hanya Timchenko, surat kabar tersebut juga menyebutkan, ada 3 jurnalis Rusia lainnya yang mengalami hal serupa. Ketiganya juga sama menggunakan kartu SIM Latvia di ponsel.

Galina Timchenko mengatakan awalnya mencurigai Kremlin (sebutan untuk Istana Kepresidenan Presiden Rusia), pihak yang berada di balik aksi peretasan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title