Hari Kontrasepsi Sedunia, Masih Banyak yang Gagal Paham Soal Penggunaannya

Ilustrasi Alat Kontrasepsi
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Tanggal 26 September setiap tahunnya dunia internasional memperingati hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day (WCD). Global kampanye ini diadakan untuk visi agar setiap kehamilan dapat direncanakan. 

Mengenal Suci Fauzi Karenina, Aktivis Perempuan yang Masuk Bursa Pilkada Cianjur

Adapun misinya sendiri, WCD ini diluncurkan pada tahun 2017 demi meningkatkan pengetahuan kita semua mengenai kontrasepsi serta memberikan informasi yang utuh terhadap masyarakat agar memahami dan juga bisa mengambil keputusan yang tepat terkait kesehatan reproduksi. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat total penduduk Indonesia pada tahun 2022 sebanyak 274,20 juta jiwa. Di mana 49,5 persen atau setara 135,75 juta jiwa adalah perempuan dengan populasi usia produktif terbanyak di rentang 15 - 64 tahun (69,08 persen). 

Perseteruan Kartika Putri - dr. Richard Lee Belum Reda, Habib Usman Siap Pasang Badan

Gedung BPS, Jakarta

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Kemampuan perempuan untuk memutuskan kapan dan berapa banyak anak yang mereka inginkan merupakan hal penting dalam pemberdayaan perempuan dan pembangunan berkelanjutan. 

Akan Punya Anak Perempuan, Dude Harlino Lakukan Persiapan

Sayangnya, hampir 132 juta perempuan usia subur di Asia mempunyai kebutuhan yang tidak terpenuhi akan kontrasepsi modern, yaitu mereka ingin menunda kehamilan namun tidak menggunakan kontrasepsi atau menggunakan metode tradisional yang kurang efektif dibandingkan metode modern.

Bahkan, Menurut UNFPA (United Nations Population Fund), hampir separuh perempuan yang tinggal di lebih dari 50 negara di seluruh dunia tidak mampu membuat keputusan sendiri mengenai hak-hak reproduksi mereka. 

Halaman Selanjutnya
img_title