Buah Manis David Hidayat Hidupkan Semangat Konservasi di Pesisir Selatan

David Hidayat
Sumber :
  • Instagram

VIVA JabarDavid Hidayat, seorang pria yang lahir di Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Berkat perjuangannya ia mampu menghidupkan semangat konservasi di kampung halamannya tersebut.

PLN Libatkan LMDH dalam Reforestasi Kawasan Hutan di Sekitar PLTA Upper Cisokan

Setelah selesai menamatkan kuliah di salah satu universitas di Kota Padang, David memilih untuk kembali ke kampungnya dengan memilih jalur konservasi. Di mana, David berkinginan laut tempat ia tumbuh dan menopang hidup tetap lestari.

David yang juga pendiri komunitas Anak Desa Sungai Pinang (Andespin) mengaku semangat melestarikan kawasan Pesisir Selatan sudah muncul sejak ia masih duduk sebagai mahasiswa, atau pada tahun 2008.

Pria Ini Sulap Kulit Ceker Ayam Jadi Sepatu Keren dan Mendunia

Pada saat itu, potensi hutan mangrove di Sungai Pinang belum dimanfaatkan atau dikelola oleh masyarakat sekitar.

Kemudian, pada tahun 2014, kegiatan hutan mangrove yang digiatkan Andespin belum sama sekali dilirik. David dkk pun berinisiatif mengundang rekan mahasiswa sebagai percontohan.

Lewat Konservasi, David Hidayat Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Satu tahun kemudian, David pun menyelesaikan perkuliahannya. Sebelum terjun konservasi, ia sempat bekerja di salah satu kantor pemerintahan pada tahun 2016. Kendati begitu, ia masih tetap mengupayakan isu pelestarian laut.

Lantas David pun membentuk kelompok yang terdiri dari enam orang pemuda. Keenam anggota itu rata-rata para nelayan.

Halaman Selanjutnya
img_title