Industri Game Indonesia Makin Kompetitif, Diakui Google Play Best 2023

Paw Rumble, meraih penghargaan Google Play Best Game of 2023
Sumber :
  • Istimewa

VIVAJabar - Program inkubasi yang dilakukan perusahaan besar kepada startup di Industri Gim (game) terbukti semakin menguatkan kualitas gim di Indonesia. Hal ini terlihat dari keberhasilan Indigo Game sebagai inkubator milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yang sukses mengantarkan gim binaannya, Paw Rumble, meraih penghargaan Google Play Best Game of 2023

Platform SATUNADI, Percepat Layanan kesehatan Masyarakat Hingga Tingkat Klinik

Demikian dikatakan Grahadea Kusuf, Ketua Startup Bandung, saat ditanya komentarnya terkait keberhasilan tersebut.  

"Sebagai sesama pegiat startup, kami senang mendengarnya. Ini membuktikan pengembang gim dalam negeri itu kompetitif dan penuh bakat, sekaligus membuktikan bahwa konsep inkubasi oleh perusahaan besar ke startup itu masih sangat diperlukan," katanya di Bandung, akhir pekan lalu. 

Gagal ke Final Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 Bertekad ke Olimpiade 2024

Menurut Dea, sapaannya, transfer pengetahuan, koneksi, pengalaman, hingga modal dari perusahaan besar melalui inkubator jelas terus memberi nilai tambah. Walaupun startup unggul dalam inovasi dan menguasai teknologi, umumnya memiliki keterbatasan seputar koneksi, pengalaman, dan modal. Di sinilah peran inkubator sebagai solusi yang membantu startup bisa lebih terarah dan cepat matang melalui program inkubasi. 

Paw Rumble adalah bukti keberhasilan dukungan Telkom secara end-to-end melalui program inkubasi dari Indigo Game. Gim yang dikembangkan GrinSmile Studio dan diluncurkan pada 12 Juli 2023 ini kemudian dipublikasikan Nuon Games. Dalam mempublikasikannya, Nuon Games juga bekerja sama dengan Dunia Games dari Telkomsel sebagai co-publisher, agar dapat menjangkau pasar lebih luas khususnya di Indonesia. Nuon Games merupakan bagian PT Nuon Digital Indonesia sebagai anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang konten hiburan digital.

Shin Tae-yong Yakin Rafael Struick Berkontribusi di Laga Indonesia Vs Irak

Paw Rumble meraih kategori Best Made in Indonesia pada Google Play Best Game of 2023, karena dinilai menjadi hasil inovasi terbaik yang dibuat pengembang lokal dan bisa dinikmati secara global. 

"Penghargaan yang diraih Paw Rumble ini juga kembali menunjukkan kualitas dan kreativitas gim karya anak bangsa dapat bersaing di industri gim global dan mampu mendapat pengakuan dunia. Kami harapkan upaya yang dilakukan Telkom melalui inkubasi Indigo Game terus dilakukan, jangan berhenti setelah pencapaian ini. Sinergi dan kolaborasi dengan startup menjadi modal kita semua menuju Indonesia Emas 2045," ungkap Dea.

Halaman Selanjutnya
img_title