Tips Mengatasi Kecanduan Gula Secara Alami Menurut dr. Zaidul Akbar

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Terlalu banyak mengkonsumsi gula, bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan tubuh. Seseorang bisa mengalami berat badan yang tidak proposional karena kelebihan zat gula di dalam tubuhnya. Sehingga hal itu dapat menyebabkan kurang sehat.

Dr Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin, Bisa Merusak Organ Ini!

Tak hanya menyebabkan bertambahnya berat badan, terlalu banyak mengkonsumsi gula atau pemanis buatan juga dapat menimbulkan penyakit gula darah, resiko penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, konsumsi gula atau minuman serta makan manis harus dijaga seminimal mungkin agar tidak mengganggu stabilitas tubuh. Namun, saat seorang terbiasa dengan makanan atau minuman manis, maka sulit berhenti.

Bahaya! Cegah Dehidrasi Berat Saat Puasa Ramadan, Begini Caranya

Akan tetapi, dr. Zaidul Akbar mengungkap tips untuk mengatasi kecanduan gula secara alami sehingga kondisi tubuh tetap stabil dan segar serta bebas dari resiko penyakit gula.

Pertama, menurut pendakwah yang sekaligus seorang dokter itu, kecanduan gula bisa diatasi dengan memperbanyak mengkonsumsi protein. Menuru Zaidul Akbar, saat kondisi perut kenyang, maka dorongan untuk makan atau minum, termasuk yang manis, akan berkurang dengan sendirinya.

Menu Sahur Sehat Ala dr Zaidul Akbar untuk Puasa Ramadhan 2024

"Jadi, makanan itu mempengaruhi sel tubuh kita. Lalu bagaimana caranya supaya kita tidak kecanduan gula? Caranya gampang, kecanduan gula itu maksudnya gula pasir. Banyak cara sebenarnya, salah satunya cara adalah dengan cara memperbanyak asupan protein," ujarnya, dikutip pada Senin, 8 Januari 2024.

Selain memperbanyak asupan protein, Zaidul Akbar juga menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang bebas gula atau manis. Merasakan makanan asli tanpa pemanis tambahan akan lebih baik sehingga kondisi tubuh tetap stabil.

Halaman Selanjutnya
img_title