6 Rekomendasi Kegiatan Liburan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kegiatan Liburan
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Anak-anak adalah pribadi yang penuh dengan rasa ingin tahu dan energi. Masa liburan bisa adalah momen paling pas untuk melakukan berbagai kegiatan di luar sekolah.

Baru! Program Kartu Prakerja akan Beri Insentif Jutaan Rupiah, Ini Cara Daftarnya

Kegiatan di luar sekolah dapat menjadi cara yang efektif untuk menyalurkan energi ini sekaligus meningkatkan kecerdasan mereka. Ada berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari yang bersifat fisik hingga yang lebih menitikberatkan pada aspek kognitif. Berikut adalah beberapa kegiatan luar sekolah yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

1. Olahraga

Pertama, berolahraga seperti sepak bola, basket, atau renang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Melalui olahraga, anak-anak belajar tentang kerjasama tim, strategi, dan disiplin. Aktivitas fisik juga diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi kognitif.

2. Kegiatan Seni

Bisa Hasilkan Saldo DANA Jutaan Rupiah, Begini Cara Buat Akun Prakerja Gelombang 71

Kedua, kegiatan seni seperti melukis, menggambar, atau bermain musik dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Seni juga mengajarkan anak tentang kesabaran, fokus, dan cara mengekspresikan diri. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan seni cenderung memiliki prestasi akademis yang lebih baik.

3. Eksplorasi Alam

Halaman Selanjutnya
img_title