7  Hal Ini Harus Kamu Lakukan agar Tidur Lebih Berkualitas

Tidur Berkualitas
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – Tidur adalah kebutuhan manusia yang krusial. Tidur yang berkualitas menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Dengan tidur yang berkualitas, kita bisa lebih produktif dan segar di siang hari. Selain itu, badan juga jauh lebih sehat dan bugar.

7 Kegiatan yang Harus Dibiasakan agar Tidak Jadi Remaja Jompo

Namun banyak orang mengalami kesulitan tidur atau merasa tidurnya tidak nyenyak. Hal itu menandakan tidur yang tidak berkualitas. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

1. Buat Lingkungan Nyaman untuk Tidur

Tips pertama, perhatikanlah lingkungan untuk tidur. Lingkungan tidur yang nyaman sangat mempengaruhi kualitas tidur. Pastikan kamar tidur terasa tenang, gelap, dan sejuk. Kalau bisa pakai juga kasur dan bantal yang nyaman untuk menopang tubuh dengan baik. Selain itu, kurangi kebisingan dan cahaya dengan menggunakan earplug atau penutup mata jika perlu.

2. Tetapkan Jadwal Tidur yang Teratur

Jangan Asal! Inilah 7 Cara Membersihkan Ponsel yang Benar agar Tidak Merusak

Selanjutnya, buatlah jadwal tidur dan disiplin pada jadwal tersebut. Tubuh kita memiliki jam biologis yang disebut ritme sirkadian. Untuk menjaga ritme ini tetap konsisten, usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan. Dengan begitu, tubuh akan terbiasa dan lebih mudah untuk tidur serta bangun dengan segar.

3. Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Halaman Selanjutnya
img_title