Orang Tua Harus Tahu, 7 Cara Ini Bisa Atasi Kecanduan Main Game pada Anak

Kecanduan Game
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Permainan video atau game memang menyenangkan dan seringkali menjadi hiburan favorit bagi anak-anak. Apalagi saat ini, semakin banyak jenis game yang bisa dimainkan. Dengan adanya teknologi internet, kita bahkan bisa bermain secara online dengan orang jauh di luar sana.

Cara Seru Dapatkan Saldo DANA Gratis, Makin Seru Makin Cuan

Namun, kecanduan game bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik, mental, dan sosial anak. Bermain game bisa menyebabkan kecanduan dan itu tidaklah baik. Oleh karean itu, sebaiknya orang tua mencegah kecanduan main game pada anak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak kecanduan main game.

1. Buat Jadwal yang Teratur

Mengatur jadwal harian yang teratur untuk anak adalah langkah pertama yang penting. Jadwal ini bisa mencakup waktu untuk belajar, bermain di luar, melakukan hobi, dan tentu saja, bermain game. Dengan demikian, anak bisa belajar mengatur waktu dan tidak menghabiskan seluruh waktunya hanya untuk bermain game.

2. Beri Batasan Waktu

Game Penghasil Saldo DANA Gratis Paling Recommended, Bisa Dilakukan Sambil Santai

Memberikan batasan waktu bermain game  sangat perlu diterapkan. Misalnya, orang tua bisa menetapkan batasan satu atau dua jam sehari. Ini membantu anak untuk tetap bisa menikmati game tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar.

3. Pilih Game yang Edukatif

Halaman Selanjutnya
img_title