Waspada Penyakit Menular Seksual, Hindari Seks Bebas!

Ilustrasi Kejantanan Pria
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA JabarPenyakit menular seksual (PMS) adalah jenis penyakit yang dapat ditularkan melalui kontak seksual, baik melalui hubungan seksual vaginal, anal, maupun oral. PMS dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

Mereka bisa menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan, komplikasi jangka panjang, dan bahkan berpotensi membahayakan kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa macam penyakit menular seksual yang perlu diketahui.

1. Klamidia

Kurnia Mega Sentil Bola Mata Anaknya, Mantan Istri Ngamuk Tak Terima

Klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini adalah salah satu PMS yang paling umum dan dapat menginfeksi laki-laki dan perempuan. Gejalanya seringkali tidak terlihat atau ringan, tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit radang panggul pada perempuan.

2. Gonore

Alami Sakit Kulit, Kartika Putri Balas Cibiran dr Richard Lee

Gonore, atau kencing nanah, disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala gonore termasuk nyeri saat buang air kecil, keluarnya cairan dari alat kelamin, dan nyeri panggul. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan infeksi pada organ reproduksi, saluran tuba, dan menyebabkan masalah kesuburan.

3. Sifilis

Halaman Selanjutnya
img_title