Pawai Obor hingga Lomba Bola Api Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam di Komplek Bumi Harapan

Perlombaan bola api
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarTahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H yang bertepatan dengan Selasa (18/7) dirayakan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Safinatussalam bersama warga RW 11 Komplek Bumi Harapan Cibiru, Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung secara unik dan meriah.

Perjalanan Spiritual Ragnar Oratmangoen hingga Putuskan Mualaf

Tidak hanya dihiasi oleh kegiatan shalawatan dan lantunan doa bersama akhir dan awal tahun, namun juga warga turut berpartisipasi dalam berbagai acara hiburan, diantaranya pawai obor, atraksi bambu gila, dan perlombaan sepak bola api.

Ketua DKM Safinatussalam, Abdurrahman Elfikri menjelaskan, bahwa kegiatan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H diwilayahnya tersebut, merupakan tradisi rutin, namun sempat terhenti selama tiga tahun akibat situasi pandemi covid-19.

Cerita Dian Sastro, Jadi Mualaf Karena Bertanya Soal Kiamat

"Perayaan menyambut 1 Muharram ini adalah agenda rutin yang selalu kami laksanakan setiap tahun, namun sempat vakum selama tiga tahun lalu, dan baru tahun ini kami bisa melaksanakannya kembali," ujarnya saat ditemui di sela acara, Selasa (18/7) malam.

Menurutnya, tujuan dari diadakannya kembali kegiatan tradisi tersebut, selain sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar warga, namun juga sebagai jalan dakwah untuk mengajak masyarakat agar semakin giat melaksanakan ibadah berjamaah di Masjid Safinatussalam.

Kisah Inspiratif Dian Sastrowardoyo, Dari Pertanyaan Tentang Tuhan Hingga Memeluk Islam

"Dengan cara ini menjadi salah satu jalan dakwah kami untuk merangkul masyarakat untuk lebih intensif lagi ibadah ke masjid, selain selalu kami sampaikan di mimbar masjid," pungkasnya.