Moms! Kenali Ciri-Ciri Daging Terkena Virus Antraks Sebelum Dikonsumsi

Ilustrasi Hewan Kurban, Sapi
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Belum lama ini, muncul kasus merebaknya virus antraks di wilayah Kabupaten Gunungkidul, DIY. Sontak saja, masyarakat gelisah dan khawatir karena penyebaran virus tersebut memakan korban jiwa.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

Ironinya, virus antraks menyebar dalam daging hewan potongan. Masyarakat tanpa sadar, kalau daging yang dikonsumsi ternyata sudah terpapar penyakit itu.

Kendati begitu, infeksi antraks sendiri sebenarnya dapat dicegah sejak awal dengan memahami tanda-tanda khas pada daging hewan yang terpapar virus tersebut.

Kurnia Mega Sentil Bola Mata Anaknya, Mantan Istri Ngamuk Tak Terima

Ilustrasi daging babi

Photo :
  • viva.co.id

Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Robert Sinto, mengatakan bahwa sebenarnya butuh mata yang jeli untuk mengenali daging yang terinfeksi antraks. 

Alami Sakit Kulit, Kartika Putri Balas Cibiran dr Richard Lee

Kecurigaan sendiri seharusnya dimulai dari penjagal atau tukang potong hewan yang dapat melihat ciri-ciri daging yang terpapar antraks.

"Susah-susah gampang. Harus ahli yang lihat. Tapi, tukang potong bisa identifikasi kecurigaan atau bila hewan belum terdiagnosis saat pemotongan, dengan melihat daging warna lebih hitam dibanding merah darah segar," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 10 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title