KPK Ungkap perkembangan Penyelidikan Biaya Makan Lukas Enembe Sehari Capai Rp 1 M

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan atau eksekusi KPK Asep Guntur
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sampai dengan saat ini masih mengusut terkait dengan dana operasional Gubernur nonaktif Lukas Enembe mencapai Rp 1 Triliun, bahkan Lukas makan sehari dengan biaya Rp 1 Miliar. KPK pun menyebut bahwa saat ini sudah masuk ke tahap akhir.

Perwakilan Papua dan Sumatera Hadir Lagi, Inilah 18 Klub Peserta Resmi Liga 1 2024-2025

"Ini penyelidikannya sudah pada tahap akhir ya, jadi, tunggu saja, sudah hampir akhir," ujar Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu kepada wartawan, Senin 14 Agustus 2023.

Artinya, saat ini dana operasional Lukas Enembe yang nilainya fantastis itu sebentar lagi akan masuk tahap penyidikan. Asep pun menjelaskan bahwa total dana operasional Lukas Enembe jumlahnya akan diumumkan ketika semuanya rampung diselidiki.

Ribuan Buruh Deklarasi Dukung Dedi Mulyadi Jadi Gubernur Jabar

"Nanti kita umumkan, karena yang menghitung kerugian keuangan negara adalah BPK atau BPKP," kata Asep.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut, dana operasional yang digunakan Lukas Enembe selama menjabat sebagai Gubernur Papua sebanyak Rp 1 triliun setiap tahunnya. Bahkan, ia pun menggunakan dana operasional itu sebanyak Rp 1 miliar setiap harinya.

Cerita Rey Mbayang Nyaris Meregang Nyawa di Papua saat Diving

Wakil ketua KPK, Alexander Marwata, mengatakan bahwa dana operasional yang mencapai Rp 1 miliar yang digunakan Lukas Enembe ternyata untuk dibelikan makan dan minum. Uang tersebut digunakan Lukas selama satu hari.

"Nah ini dana operasional yang bersangkutan itu rata-rata setiap tahun itu Rp 1 triliunan dan sebagian besar setelah kita telisik kita lihat itu dibelanjakan antara lain untuk biaya makan minum, bayangkan kalau Rp 1 triliun itu sepertiga digunakan untuk belanja makan minum itu satu hari berarti Rp 1 miliar untuk belanja makan minum," ujar Alexander kepada wartawan dikutip Selasa, 27 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title