Hampir Bertabrakan! Aksi Manuver Berbahaya TNI AU pada Perayaan HUT RI ke 78 di Istana Negara

Aksi Manuver Helikopter Pegasus TNI AU
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar – Pertunjukan udara dari tim akrobatik Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara berhasil mempesona para penonton pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 di atas langit Istana Negara dan Monumen Nasional, Jakarta, pada hari Kamis, 17 Agustus 2023. 

Jokowi Siapkan Hercules untuk Gaza, Bantuan Jatuh dari Langit

Para penerbang TNI AU itu melakukan sejumlah manuver udara dengan 6 pesawat latih KT-1B Wongbee berwarna merah-putih yang menjadi ciri khasnya. Jupiter berkolaborasi dengan tim penerbang Dynamic Pegasus Helikopter Colibri TNI AU melaksanakan atraksi udara di hadapan Presiden Joko Widodo dan tamu undangan. 

Tim Jupiter dipimpin Letkol (Pnb) Ripdho "Mohawk" Utomo, alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 2004, dan tim penerbang Dynamic Pegasus dipimpin Letkol (Pnb) Taufik Hidayat, alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 2003.

Ramalan Hard Gumay: Ada 2 Kecelakaan Pesawat hingga Gempa Besar

Mengawali atraksinya, satu pesawat tim Jupiter melakukan atraksi roll dan cuban di atas langit Monas. Nampak asap putih keluar mengepul dari bokong pesawat menambah atraksi udara itu semakin ciamik.

Selanjutnya, dari arah kiri podium Istana, lima pesawat Jupiter melakukan manuver 'Five Card Loop' disusul dari sisi kanan podium oleh Pegasus yang bermanuver left as long pass.  

Jokowi-Surya Paloh Bertemu di Istana, Bentuk Koalisi Baru?

Dua tim penerbang aerobatic TNI itu lalu mengambil posisi melakukan manuver yang membuat tegang. Dari arah monas depan Istana, Tim Dynamic Pegasus dengan empat helikopter mengambil posisi saling berhadapan dan melakukan manuver fenomenal berbahaya, yakni cross over break up. 

Keempat helikopter itu melakukan manuver terbang rendah dan saling terbang bersilangan dari arah berlawan dengan kecepatan tinggi.  

Halaman Selanjutnya
img_title