Jokowi Siapkan Hercules untuk Gaza, Bantuan Jatuh dari Langit

Presiden Jokowi, Mendag (Zulkifli Hasan) & Menlu (Retno Marsudi)
Sumber :
  • Screenshoot Berita VIVANews

Jabar –Indonesia tidak tinggal diam melihat penderitaan rakyat Palestina di Gaza. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah Indonesia segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza. Bantuan itu akan disalurkan dengan pesawat Hercules melalui jalur udara.

Respon Pemimpin Hamas Usai Tiga Anaknya Tewas Dirudal Israel

"Kita tadi melihat peragaan nge-drop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit," ujar Presiden, dikutip dari VIVA, Jumat 8 Maret 2024.

Jokowi sebelumnya meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan tersebut di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan. Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Puan Maharani Enggan Tanggapi Isu Pengambilalihan Kursi Ketum PDIP

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik," kata Kepala Negara.

Jokowi menambahkan, pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

Bantuan kemanusiaan dari Indonesia ini diharapkan dapat menjadi angin segar bagi warga Gaza yang terusir dari tanahnya oleh Israel. Bantuan ini juga menunjukkan solidaritas Indonesia sebagai negara sahabat Palestina. Bantuan jatuh dari langit, harapan tumbuh di bumi.