Hujan Lebat Diprediksi Akan Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Jawa Barat Salah Satunya

Ilustrasi Warga Menganakan Payung Saat Hujan di Jakarta
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Indonesia merupakan kawasan yang beriklim tropis. Seyogyanya negara beriklim tropis, sering kali diguyur oleh derasnya air hujan.

Indra Zainal, Kades Nyentrik Nyalon di Pilkada Subang

Beberapa hari yang lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) memprediksi akan terjadi hujan lebat di sebagian besar wilayah Indonesia. Hal itu dipaparkan dengan adanya siklon tropis Saola yang bergerak di perairan timur Filipina. 

Menurut Prakiraan BMKG Idhan Abubakar, siklon itu memiliki kecepatan angin maksimum sebesar 85 knot atau setara 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimum sebesar 955 milibar yang bergerak ke arah selatan.

Antispasi Kebocoran PAD, Dishub Subang Cetak Karcis Parkir Senilai Rp2,7 Miliar

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, peningkatan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis tersebut," kata Idhan dalam pernyataan di Jakarta, Minggu, 27 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, siklon tropis Saola memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 sampai 2,5 meter dan hujan lebat.

Minim Sosialisasi, Warga Subang Tak Tahu Kapan Pilkada 2024

Daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari wilayah barat Samudera Hindia di Sumatera Barat hingga Aceh, laut China Selatan, dari Kalimantan Barat hingga perairan utara Kalimantan, dari Selat Makassar hingga Laut Sulawesi, Laut Maluku, dan Papua bagian tengah.

Idhan menuturkan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sepanjang daerah konvergensi.

Halaman Selanjutnya
img_title