Mustahil Kembali ke Koalisi Anies Pasca Penghianatan, Demokrat Beri Sinyal Bangun Koalisi Baru

Ketua Umum Partai Demokrat AHY
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Usai Anies Baswedan memilih Cak Imin sebagai pendampingnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, Demokrat ternyata mencabut dukungannya terhadap Anies dan memilih untuk keluar dari koalisi perubahan besutan Surya Paloh.

Tegaskan Jadi Oposisi, Ganjar Pranowo Ingatkan Hal Ini

Kemudian masyarakat pun penasaran kemanakah arah Demokrat setelah hengkang dari koalisi Anies?. Kemungkinan nya membentuk poros baru, hal itu diisnggung oleh beberapa elite partai Demokrat bahwa politik itu dinamis termasuk soal penjajakan koalisi. 

Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Demokrat Herman Khaeron mengatakan sejauh ini baru poros yang hampir pasti yaitu koalisi pendukung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.  

Presidential Club, Strategi Prabowo Dalam Menyatukan Mantan Pemimpin Bangsa

"Ini kan hanya pemikiran saya, bisa saja terjadi (bentuk poros baru). Karena dinamika politik. Tapi yang sudah pasti kan dua koalisi yang sudah pasti, koalisi pak Prabowo dan koalisi pak Ganjar," kata Herman di DPP Partai Demokrat, Senin, 4 September 2023. 

Pendafataran Bacaleg Demokrat Kota Bandung

Photo :
  • Istimewa
Kalah dalam Pilpres 2024, PDIP Salahkan Jokowi

Dia juga menyampaikan, Partai Demokrat tak mungkin kembali menjalin kerja sama dengan partai politik pendukung Anies Baswedan. Herman mengatakan pihaknya akan fokus melangkah ke depan.

"Saya rasa tidak mungkin (kembali dukung Anies), Banyak aspek dalam hal ini kemungkinan kecil sekali. Oleh karenanya akan fokus ke depan mana yang lebih memiliki  yang tadi disebutkan bahwa berpolitik itu berdasarkan pada etika dan moral berpolitik," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title