Rafael Alun Buka Suara soal Tudingan Mau Kabur ke Luar Negeri

Rafael Alun Trisambodo
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo mengatakan tidak ada niat untuk kabur ke luar negeri. Dia menegaskan akan kooperatif terhadap proses hukum yang berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mobil Masih Kredit, Kejari Purwakarta Libatkan PPATK dalam Kasus Dugaan Gratifikasi Oknum ASN

"Tak ada sedikit pun niat saya untuk kabur ke luar negeri untuk pergi dari sini (Indonesia)," kata Rafael dalam keterangannya kepada awak media, Sabtu, 25 Maret 2023.

Rafael Alun pada Jumat, 24 Maret 2023, telah memenuhi panggilan tim penyelidik KPK untuk melanjutkan klarifikasi harta kekayaan. Itu kali kedua dia diperiksa di KPK berkaitan hartanya.

Profil Aghnia Punjabi, Selebgram yang Anaknya Dianiaya Babysitter

Rafael Alun datang tak sendiri, melainkan bersama sang istri. Dia mengatakan, kabar yang menyebut diairnya akan kabur ke luar negeri tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Tidak benar kabar soal itu (kabur ke luar negeri). Saya selalu hadir saat diminta keterangan oleh KPK dan inspektorat jendral kemenkeu untuk mengklarifikasi harta saya," ujarnya. 

Aghnia Punjabi Sebut Anaknya Dianiaya Babysitter Bukan Pertama Kali

Selain itu, Rafael Alun keberatan jika disangkakan melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ia berdalih selalu melaporkan kepemilikan harta dan sumber pendapatan serta dapat menjelaskan asal usul perolehan harta tersebut. 

Rafael menyebut, keterangan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal pemblokiran rekening konsultan pajak karena diduga membantunya melakukan TPPU adalah anggapan sepihak tanpa dasar dan tidak masuk akal.

Halaman Selanjutnya
img_title