Hati-hati! Ternyata Konsumsi Gula Berlebihan Picu Banyak Masalah Kesehatan, Ini Daftarnya

Ilustrasi Gula
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Di tengah cuaca Indonesia yang panas, akan sangat nikmat sekali untuk mengkonsumi minuman manis dingin.

Waspadai Sarapan Nasi Goreng dan Bakwan, dr Zaidul Akbar Beri Peringatan Kesehatan

Namun ternyata menurut Dokter terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis akan berdampak buruk bagi kesehatan

Dalam acara Hidup Sehat tvOne, Dokter spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, SpGK menjelaskan bahwa mengonsumsi gula diperbolehkan selama masih dalam kadar yang ditentukan badan kesehatan dunia (WHO).

Ancaman Serius yang Wajib Diwaspadai dari Dampak Konsumsi Gula Berlebih

Sayangnya, banyak orang belum memahami batasan asupan gula sehingga mengonsumsinya berlebihan, yang artinya berdampak pada kalori berlebih.

"Kalau yang dipakai sebatas yang dianjurkan, artinya tubuh mengizinkan. Tapi, yang bermasalah kalau berlebihan. Maka artinya gula dengan kalori cukup besar itu menumpuk kalori. Risikonya apa, tentu berat badan naik," ujar dokter Ida.

Ramalan Zodiak Hari Ini 9 April 2024: Asmara, Karier dan Kesehatan

Lebih dalam, dokter Ida menjelaskan bahwa kelebihan kalori itu juga berdampak pada peningkatan gula darah yang berkaitan dengan insulin. Pada akhirnya, insulin yang terganggu bisa berdampak pada masalah kesehatan seluruh tubuh mulai dari diabetes hingga penyakit jantung.

"Meningkatkan gula darah tentu kaitan dengan insulin, hati-hati obesitas dan ikut meningkatkan insulin lebih rentan karena bukan hanya dampak diabetes tapi metabolik sindrom," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title