Isu KKB Minta Tebusan Rp 20 Miliar untuk Pilot Susi Air, Pangdam XVII/Cenderawasih Merespon

Pilot Susi Air Bersama KKB Papua
Pilot Susi Air Bersama KKB Papua
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Mayjen TNI Izak Pangemanan, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, mengungkapkan kekecewaannya atas penyebaran isu hoax terkait uang sebesar Rp 20 miliar yang diklaim sebagai tebusan untuk membebaskan Capt. Phillip Mark Mehrtens, seorang pilot Pesawat Susi Air yang disandera oleh Kelompok KST dari kelompok Egianus Kogoya.

Mayjen Izak menegaskan bahwa TNI masih berupaya melalui berbagai langkah dan mengedepankan negosiasi damai untuk membebaskan pilot Susi Air tersebut.

Ia juga menyatakan bahwa kondisi Capt. Phillip Mark Mehrtens dalam keadaan baik dan TNI terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan di Papua.

KKB di Papua

KKB di Papua

Photo :
  • screenshoot by Viva

"Kita masih terus mengupayakan negosiasi karena TNI memilih jalan damai dalam menyelesaikan semua permasalahan di Papua, termasuk dalam hal penyanderaan Pilot Philip Mark Mehrtens. Saya berharap tidak ada korban-korban berikutnya, baik dari pihak sipil maupun TNI Polri, karena semua permasalahan bisa diselesaikan dengan damai. Saya berharap negosiasi dari semua unsur dapat berjalan dengan baik. Semoga secepat mungkin bisa diselesaikan seperti harapan kita bersama," kata Pangdam XVII/Cenderawasih, Rabu, 13 September 2023.

Di tengah upaya itu, Pangdam menyayangkan ada pihak-pihak yang menghembuskan isu adanya Kompensasi Rp 20 miliar dalam upaya pembebasan Pilot Susi Air tersebut. Munculnya isu tersebut menimbulkan kegaduhan dan akan berdampak menghambat upaya pembebasan sandera secara damai.

Pilot Susi Air Bersama KKB Papua

Pilot Susi Air Bersama KKB Papua

Photo :
  • Viva.co.id