Presiden Jokowi Apresiasi Katalis Merah Putih di Cikampek Sebagai Proyek Strategis Nasional

Proyek Katalis Merah Putih
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir dalam acara Infrastructure Forum and Edutainment Expo-Sustainable Infrastructure Towards Indonesia Emas 2045 di The Kasablanka Hall, Grand Atrium dan Mosaic Walk, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada Rabu, 13 September 2023.

Nonton Langsung di SUGBK, Jokowi Bersyukur Atas Kemenangan Indonesia atas Vietnam

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Indonesia itu mengapresiasi sejumlah proyek strategis nasional yang telah rampung. Salah satunya pabrik katalis pertama buatan anak bangsa bernama PT Katalis Sinergi Indonesia (KSI).

KSI merupakan proyek strategis nasional di bidang industri proses kimia. Dengan total investasi mencapai Rp 286 miliar, KSI akan membuat katalis, suatu zat yang bisa mempercepat dan mengarahkan reaksi kimia saat mengkonversi suatu bahan baku menjadi bahan lain yang diinginkan.

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Marhan Harahap

Proyek Katalis Merah Putih

Photo :
  • Istimewa

Karena pabrik katalis pertama yang dibuat bangsa Indonesia, produk katalis buatan KSI disebut sebagai Katalis Merah Putih. Jajaran direksi PT KSI adalah Achmad Setiawan sebagai Direktur Utama, Yogi Utomo sebagai Direktur Keuangan dan Pemasaran, dan Elvianto Riendra sebagai Direktur Produksi dan Riset.  

Ekspresikan Kemenangan, Puluhan Pendukung Prabowo di Lembur Pakuan Gunduli Rambut

Pabrik itu dibangun di lahan salah satu anak perusahaan Pupuk Indonesia (Persero). Berdiri di lahan seluas 2 hektare di Kawasan Industri Kujang Cikampek, Kabupaten Karawang Jawa Barat, PT KSI merupakan sebuah konsorsium yang dibangun oleh Pupuk Kujang (37 persen), Pertamina Lubricants (38 persen) dan Rekacipta Inovasi ITB. (25 persen). 

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi menuturkan Pupuk Indonesia melalui anak usahanya, PT Pupuk Kujang berperan sebagai salah satu investor khususnya dalam penyediaan lahan dan operasional.

Halaman Selanjutnya
img_title