Mantan Pimpinan KPK Laode Syarif Ungkap Geng Rafael Alun

Mantan Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif
Sumber :
  • viva.co.id

JabarLaode Syarif yang merupakan mantan Wakil Ketua KPK mengatakan bahwa Rafael Alun Trisambodo beserta teman-temannya bukanlah kelompok yang baru mencuat dengan kasusnya dalam catatan lembaga anti rasuah itu.

Pengacara Sebut Sekda Bandung Dipanggil Penyidik KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi CCTV

Tetapi, Rafael Alun merupakan orang yang memang sudah dari dulu menjadi incaran KPK terkait asal usul harta kekayaannya.

"Rafael ini sudah diradar satu geng ya, ini bukan pemain baru satu grup ya kita merasakan bahwa kalau dia itu bukan eselon dua ke bawah tidak bisa kita tindaklanjuti dia karena dia bukan penyelenggara negara," ujar Laode kepada wartawan dikutip Senin 27 Maret 2023.

KPK akan Panggil Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV dalam Proyek Bandung Smart City

Laode juga mengatakan bahwa Rafael Alun tersebut tidak termasuk dalam kategori orang yang harus ditelusuri nilai kekayaannya. Karenanya, KPK sempat melakukan tindakan pencegahan terhadap ayah Mario Dandy itu demi menelusuri asal muasal harta yang ia miliki.

"Bukan domain KPK, makanya apa yang kita lakukan kita laporkan ke menteri keuangan pada waktu itu Sri Mulyani bahkan dirjen pajak setelah itu saya diminta pergi ke dirjen pajak untuk memberikan beberapa kali penyuluhan dan bagian pencegahan," kata Laode.

KPK Kembangkan Penyidikan Kasus Korupsi CCTV, Sekda Bandung Disebut Jadi Tersangka Baru

"Banyak memberikan support tapi mungkin setelah 3 tahun 4 tahun lupa lagi kembali lagi kembali seperti itu karena dia ini pemain lama," imbuhnya.

Sebagai informasi, Rafael Alun Trisambodo kembali dimintai klarifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jum'at, 24 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title