Meski Ditentang Uni Eropa, Spanyol Tetap Akui Palestina Sebagai Negara

PM Spanyol
Sumber :
  • screenshoot berita VivaNews

VIVA Jabar – Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyatakan siap berbeda sikap dengan Uni Eropa soal nasib negara Palestina kedepannya. Ia mengatakan bahwa Spanyol terbuka untuk secara beranimengakui negara Palestina.

Media Prancis Sebut Timnas Indonesia U-23 Merusak di Piala Asia U-23

“Saya pikir sudah tiba saatnya bagi komunitas internasional, terutama bagi Uni Eropa dan negara-negara anggotanya untuk mengakui negara Palestina ini,” kata Sanchez kepada media saat konferensi pers di perbatasan Rafah di sisi Mesir, dikutip dari laman Anadolu, Minggu, 26 November 2023.

Menurut Sanchez, bahwa idealnya pengakuan tersebut akan datang sekaligus dengan setidaknya beberapa negara anggota berpartisipasi.

Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23, Media Eropa Juluki Indonesia Sebagai Tim Pengacau

PM Spanyol

Photo :
  • screenshoot berita VivaNews

“Namun jika hal ini tidak terjadi, tentu saja Spanyol akan mengambil keputusannya sendiri,” kata perdana menteri Spanyol yang baru terpilih kembali itu.

8 Negara Eropa yang Rankingnya di Bawah Timnas Indonesia

Sanchez sebelumnya bersumpah bahwa mengakui negara Palestina adalah prioritasnya pada masa jabatannya yang akan datang. Dukungan ini pun kembali ditegaskan saat dia bersama Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo dalam turnya ke Israel, Palestina dan Mesir.

Sepanjang perjalanan, kedua pemimpin menyerukan perlindungan penduduk sipil di Gaza dan meminta Israel menghormati hukum kemanusiaan internasional. Sanchez mengatakan, Israel tidak mengikuti hukum internasional dan menuduh Israel melakukan pembunuhan tanpa pandang bulu terhadap ribuan anak di Gaza. 

Halaman Selanjutnya
img_title