Mengenal Falsafah Huma Betang Kearifan Lokal Kalimantan

Laskar Pemuda Kalimantan
Sumber :
  • screenshoot berita VivaNews

VIVA JabarLaskar Pemuda Kalimantan angkat suara soal tragedi bentrokan antara dua organisasi masyarakat (Ormas) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) Sabtu, 25 November 2023.

KDM Ungkap Penjual Eksimer Berkedok Jual Minuman Kekinian, Warga Geram Langsung Robohkan Kios

Para Pemuda Kalimantan itu mendesak Pemerintah agar membubarkan Laskar Manguni karena dianggap telah menimbulkan konflik antar agama, usai mereka mengeroyok peserta aksi bela Palestina.

Tak hanya itu, Laskar Pemuda Kalimantan juga mengungkap jejak digital Marco Karundeng, salah satu anggota Laskar Manguni. Marco pernah menulis di unggahan Facebooknya, ingin menyerang wanita berjilbab serta laki-laki berpeci.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Marco Karundeng, Laskar Manguni

Photo :
  • screenshoot berita VivaNews

“Kami juga meminta kepada aparat untuk mengusut tuntas Marco Karundeng atas pernyataannya di medsos untuk menyerang orang yang berjilbab atau memakai kopiah, dia telah melanggar undang undang atau telah menyakiti hati umat Muslim,” kata mereka.

Takut Terjerat Pinjol, Ribuan Nelayan Subang Ogah Daftar Kusuka

Atas sikap mereka yang dianggap meresahkan, Laskar Pemuda Kalimantan menegaskan akan menolak keberadaan Laskar Manguni di bumi Kalimantan, hal itu lantaran Laskar Manguni telah melanggar falsafah Huma Betang. “Kami menolak Ormas Manguni berdiri di bumi Kalimantan karena tidak sesuai dengan Falsafah Huma Betang,” tutup mereka.

Laskar Pemuda Kalimantan

Photo :
  • screenshoot berita VivaNews
Halaman Selanjutnya
img_title