Jokowi akan Tindak Tegas Perdagangan Orang di Balik Datangnya Pengungsi Rohingya

Presiden Jokowi saat Jumpers di Bandara Juanda sebelum ke KTT OKI
Sumber :
  • Screenshoot Berita VIVANews

VIVA Jabar – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sudah menerima laporan perihal adanya dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di balik masuknya pengungsi Rohingya ke wilayah Indonesia, terutama ke Provinsi Aceh.

Nonton Langsung di SUGBK, Jokowi Bersyukur Atas Kemenangan Indonesia atas Vietnam

Presiden, dalam jumpa persnya, mengungkap adanya dugaan keterlibatan mafia perdagangan orang sehingga pengungsi yang masuk ke wilayah Aceh kini berjumlah banyak.

"Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang semakin banyak yang masuk ke wilayah Indonesia, terutama ke provinsi Aceh. Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang dalam arus pengungsian ini,"kata Jokowi dalam keterangan persnya, Jumat 8 Desember 2023.

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Marhan Harahap

Pengungsi Rohingya

Photo :
  • viva.co.id

Presiden Jokowi pun akhirnya mengatakan akan menindak tegas tindakan TPPO tersebut.

Ekspresikan Kemenangan, Puluhan Pendukung Prabowo di Lembur Pakuan Gunduli Rambut

Kemudian, orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan akan memberi bantuan sementara kepada para pengungsi dengan tetap mendahulukan kepentingan masyarakat lokal.

"Pemerintah Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO, dan bantuan kemanusiaan sementara kepada pengungsi akan diberikan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
img_title