Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Beras di Kota Salatiga, PosIND Pastikan Kecepatan dan Ketepatan

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Hari Senin pagi tanggal 22 Januari 2024 Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dijadwalkan akan menyerahkan secara simbolis Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 1.000 PBP (Penerima Bantuan Pangan) di Lapangan Tingkir Kota Salatiga. Pada program Bantuan Pangan CBP 2024 tahun ini Kota Salatiga mendapat alokasi sebesar 10.346 PBP atau 103.460 Kg beras. Selama 6 bulan dari bulan Januari hingga Juni 2024.

PosIND Buka Layanan Kargo Bagi Jamaah Haji Kirim Barang ke Tanah Air

Kemudian, pada siang hari setelah kegiatan lainnya, Presiden beserta rombongan akan menuju ke Kab. Temanggung. Masih acara yang sama yaitu Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 1.000 PBP (Penerima Bantuan Pangan) di Gudang Bulog Bengkal Lor Temanggung. Kab. Temanggung pada CBP 2024 kali ini mendapat alokasi sebesar 86.754 PBP atau sejumlah 867.540 Kg beras. Secara keseluruhan Jawa Tengah mendapat alokasi 3,5 juta lebih, menjadi salah satu provinsi yang terbesar alokasinya.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PosIND Tonggo Marbun yang mendampingi kegiatan tersebut menjelaskan "PosIND pada CBP 2024 ini ikut menyalurkan di 20 provinsi. Sehingga untuk mengakomodir kecepatan dan ketepatan waktu penyaluran, selain menyediakan angkutan yang memadai, PosIND juga telah memfasilitasi penyaluan CBP dengan menggunakan aplikasi dan dashboard yang dapat dibantu realtime oleh BULOG dan Bapanas".

PosIND Kirim Wing Box Bilah Selubung Garuda Istana Kepresidenan ke IKN

Aplikasi tersebut antara lain untuk distribusi disediakan Aplikasi CBP untuk mengakomodir jumlah dan kuantitas beras yang telah dikeluarkan dari gudang BULOG hingga ke titik bagi. Kemudian pada saat penyerahan beras kepada penerima menggunakan Aplikasi PGC dan FDPos untuk mencetak BNBA. Aplikasi e-Filling telah dikembangkan untuk mengakomodir semua administrasi distribusi. Seluruh aktivitas CBP 2024 yang menggunakan Aplikasi milik PosIND dapat di capture realtime dalam Dashboard CBP sehingga transparan dan dapat terpantau dengan baik. 

Dan yang terakhir adalah Aplikasi Customer Complaint Handling (CCH) dimana masyarakat dapat langsung bertanya, keluhan atau komplain dan lain hal kepada PosIND menggunakan media yang telah disediakan antara lain haloposcare, walking customer, media sosial dll. Keluhan atau komplain akan langsung ditanggapi oleh petugas terkait sehingga masyarakat dapat segera mendapat informasi yang dibutuhkan.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi membeberkan keberhasilan program Bantuan Pangan Beras yang efektif menahan laju harga beras dan kemampuan daya beli yang turut mempengaruhi inflasi. “Setelah tuntas menyalurkan bantuan pangan beras sebanyak 1,5 juta ton pada tahun 2023, kami langsung tancap gas menyalurkan kembali program ini untuk tahun 2024 yang dimulai sejak tanggal 2 Januari 2024”, ujar Bayu.

“Dengan penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat bantuan pangan beras pada tahun 2024 menjadi 22 juta KPM dari sebelumnya 21,3 juta KPM, jika diasumsikan setiap keluarga rata-rata terdiri empat orang maka sudah 88 juta rakyat Indonesia yang merasakan manfaat dari program Bantuan Pangan ini” tambah Bayu.

Halaman Selanjutnya
img_title