Jasa Tirta II dan GCL Sepakat Jajaki PLTS Terapung di Waduk Jatiluhur

Jasa Tirta II dan GCL.
Sumber :

Jabar – Dua perusahaan yang bergerak di bidang energi baru terbarukan, Jasa Tirta II dan GCL Intelligent Energy (Suzhou) Co. Ltd, sepakat untuk menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS terapung di Waduk Jatiluhur.

Jasa Tirta II Memastikan Stabilitas Bendungan Ir. H. Djuanda Menjelang Lebaran

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Pengembangan Usaha Jasa Tirta II Dikdik Permadi Yoffana dan Vice President GCL Intelligent Energy (Suzhou) Co. Ltd Huang Yueyuan pada Kamis (01/02/2024) di Kantor Perwakilan Jasa Tirta II, Jakarta.

"Tujuan kerjasama ini untuk membangun komitmen dan sinergi rencana kerjasama Proyek dengan prinsip berbasis GCG untuk mengidentifikasi potensi kerja sama energi baru terbarukan melalui penyediaan PLTS," kata Dikdik Permadi Yoffana dalam keterangan tertulisnya.

Jasa Tirta II Berangkatkan 200 Peserta Mudik dalam Program Mudik Asyik BUMN 2024

Rencananya, kedua perusahaan akan mengembangkan PLTS terapung dengan kapasitas 80Mwac di lokasi Waduk Jatiluhur, yang merupakan waduk terbesar di Indonesia.

Selain itu, mereka juga akan menyusun pra-studi kelayakan dan studi kelayakan terkait potensi PLTS di wilayah Waduk Jatiluhur serta pengembangannya untuk pasokan listrik untuk Data Center.

Perum Jasa Tirta II Raih Dua Prestasi Gemilang di Ajang Digitech Award 2024

Dikdik Permadi Yoffana berharap, kerjasama ini dapat mewujudkan PLTS terapung di Waduk Jatiluhur yang akan mendukung program pemerintah untuk mencapai Nett Zero Emmision pada tahun 2060.

"Kami juga berharap dari kerjasama ini bisa transfer knowledge dari GCL dan selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan EBT di wilayah kerja lainnya," ujarnya. GCL Intelligent Energy (Suzhou) Co.

Halaman Selanjutnya
img_title