Anies Janji Bakal Naikan Gaji ASN Rutin Tiap Tahun Jika Terpilih Jadi Presiden

Anies Baswedan
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Capres nomor urut satu Anies Baswedan berjanji akan terus menaikkan gaji aparatur sipil negara (ASN) jika terpilih menjadi Presiden RI tahun 2024-2029. Ia menilai kenaikan gaji ini dilakukan tak hanya jelang pemilu saja nantinya.

Kapan Pernikahan Ayu Ting Ting? Ini Kata Ayah Rozak

"Kalau enggak salah kenaikan ada di 2015, 2019, dan 2024 jadi hanya di sekitar pemilu saja. Jadi mudah-mudahan ke depan nanti kenaikan bisa lebih rutin," ujar Anies kepada wartawan dikutip Selasa 6 Februari 2024.

Anies menilai bahwa sikap tersebut harus dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada kinerja ASN. Terlebih untuk ASN yang selalu taat kepada tanggung jawabnya.

Kisah Desi Setiasari, Dari Anak Tukang Ojek Hingga Jadi Prajurit TNI Kowad

"ASN tuh kritis sekali, mereka itu bisa saja lisannya diam tapi hatinya enggak bisa diam. Mereka ada disipilin organisasi, mereka taat, tapi di bilik suara mereka bekerja pakai hati dan pengalamannya," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan tak hanya menaikkan gaji ASN. Tetapi, gaji untuk TNI dan Polri juga bakal dinaikkan setiap tahun. Namun, kenaikan gaji khusus ASN, TNI, dan Polri diberikan syarat.

Uang Korupsi Harvey Moeis Rp271 T Bisa Gaji Ronaldo Selama 72 Tahun

"Kinerja harus ditingkatkan dan kenaikan berdasarkan kinerja, mengikuti kondisi perekonomian, serta secara reguler bukan insidental kalau ada peristiwa politik," kata Anies.