Rezim Bebas Gunakan Kekuasaan, Politisi PDIP: Tak Perlu Lagi Ada Pemilu dan Pilkada!

Ilustrasi Kotak Suara Pemilu.
Sumber :
  • Pixabay.com

VIVA Jabar – Politisi senior PDI Perjuangan (PDIP) Aria Bima mengatakan bahwa ke depan tidak perlu lagi ada pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) jika rezim bebas menggunakan kekuasaan. Sehingga, prosesnya sarat manipulasi.

Ruhimat-Agus Masykur Jilid 2? PKS Subang Usulkan 3 Nama Bakal Calon Bupati ke DPP

Menurut dia, berbagai kecurangan dan pelanggaran Pemilu 2024 yang tidak ditangani dengan serius oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menjadi preseden bagi penyelenggaraan pemilu bahkan pilkada selanjutnya.

Aria menilai penguasa baik di pusat maupun di daerah akan memanfaatkan kekuasaan untuk menggiring atau memanipulasi proses pemilu sebagaimana yang terjadi pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Politisi Muda Golkar Ini Didorong Jadi Calon Bupati Bandung

"Tidak ada yang bisa melawan rezim kalau melihat betapa proses pemilu sekarang yang manipulatif sejak awal ini seolah dibiarkan terjadi. Kalau masih kejadian seperti ini, percuma tahapan pemilu dilakukan, mending oligarki ditunjuk saja biar selesai. Ini mau pakai cara apapun tidak akan bisa dilawan, manuvernya memang untuk memenangkan paslon tertentu," ujar Aria dikutip pada Minggu (18/2/2024).

Dia menilai tidak perlu ada pemilu lagi maupun pemilihan kepala daerah  jika sistemnya seperti sekarang.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Dimana penguasa tidak netral dan menggunakan kekuasaannya untuk memanipulasi sistem pemilu melalui program pemerintah dan pengerahan aparat.

"Kalau pemilu dilakukan dengan sistem seperti sekarang ini, ada politisasi bansos, subsidi pupuk, intimidasi kepada aparat desa melalui dana desa, belum lagi money politic. Terus untuk apa kampanye, debat, tim narasi, tim substansi, tim intelektual dikumpulkan? Tidak ada artinya semua apalagi dengan closing yang amburadul seperti ini," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
img_title