Pengamat: Pileg 2024 Ukir Sejarah Baru Tumbangnya Partai Golkar Sebagai Pemenang di Purwakarta

Ketua DPD Golkar Purwakarta, Anne Ratna Mustika
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Dominasi Partai Golkar di Kabupaten Purwakarta sebagai partai pemenang pemilu nampaknya akan tumbang di Pileg 2024. Ini akan menjadi sejarah baru bagi dunia politik di kota ‘maranggi’ itu.

Dedi Mulyadi Sebut Ada Kejutan Ditengah Gonjang-ganjing Pencalonannya di Pilgub Jabar

Melihat catatan sejarah, Partai Golkar sejak dulu selalu menjadi juara di Pileg Kabupaten Purwakarta. Terbukti dari terpilihnya para Ketua DPRD Purwakarta yang berasal dari Partai Golkar.

Dari penelusuran wartawan, sejak tahun 1966 tokoh Golkar menguasai kursi Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta. Mulai dari Hermen, Mochamad Husein, Sukanda, Mirad Saadi, Bisri Harjoko, Sigit Soeroso, Ucok Ujang Wardi, Sarif Hidayat hingga Ahmad Sanusi di periode 2019-2024.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Bahkan tokoh besar seperti Dedi Mulyadi pun lahir dari Golkar. Ia memulai karirnya sebagai Ketua Komisi E DPRD Purwakarta periode 1999-2004 kemudian menjadi Wabup Purwakarta, Bupati Purwakarta dan terakhir menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.

Namun di Pileg 2024 ini nampaknya dominasi partai ‘beringin’ itu akan tumbang. Seiring dengan hengkangnya pria yang akrab disapa Kang Dedi Mulyadi (KDM) ke Partai Gerindra sejak tahun lalu.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres, Dedi Mulyadi : Prabowo Dipilih Hati Nurani Bukan Bansos

Menurut data yang dihimpun sementara, perolehan kursi Partai Golkar di Purwakarta kemungkinan akan mengalami penurunan cukup drastis. Sebaliknya, Partai Gerindra mengalami kenaikan signifikan.

Tak hanya di tingkat kabupaten, diprediksi Pileg DPRD Jawa Barat Dapil Purwakarta-Karawang pun akan mengalami hal serupa. Begitu pun Pileg DPR RI Dapil Jabar VII, Partai Gerindra diprediksi akan menambah kursi.

Halaman Selanjutnya
img_title