10 Fakta Angin Puting Beliung yang Bikin Ngeri, Bisa Hancurkan Rumah dan Pabrik!

Angin Puting Beliung terjang Bandung dan Sumedang
Sumber :
  • Tangkap layar

JabarAngin puting beliung adalah salah satu fenomena alam yang paling menakutkan. Angin yang berputar dengan kecepatan tinggi ini bisa menyebabkan kerusakan besar pada apa pun yang dilaluinya.

Kisah Tukang Kredit Baju Nekat Mudik Pakai Motor Berempat Pakai Uang Hasil Jual Emas Ibu

Berikut adalah 10 fakta angin puting beliung yang bikin ngeri, dirangkum VIVA Jabar dari berbagai sumber:

1. Angin puting beliung terbentuk dari kolom udara yang berputar dan bersentuhan langsung dengan tanah. Kolom udara ini bisa memiliki diameter beberapa meter hingga ratusan meter.

Vicky Prasetyo Bantah Tipu Rp1,8 Miliar, Lapangan Mini Soccer Jadi Saksi Bisu

2. Angin puting beliung paling sering terjadi di daerah tropis, seperti Indonesia. Hal ini karena daerah tropis memiliki iklim yang labil dan kondusif untuk pertumbuhan awan konvektif yang bisa memicu angin puting beliung.

3. Angin puting beliung bisa mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam. Kecepatan ini setara dengan angin topan kategori 5 yang bisa menghancurkan rumah, gedung, dan pohon.

Hujan Ringan Guyur Bandung dan Sekitarnya, Ini Prakiraan Cuaca BMKG

4. Angin puting beliung biasanya berlangsung singkat, sekitar 10 menit atau kurang. Namun, dalam waktu singkat itu, angin puting beliung bisa menimbulkan kerusakan yang parah dan meluas.

5. Angin puting beliung lebih sering terjadi pada siang atau sore hari, dan terkadang menjelang malam hari. Hal ini karena pada waktu-waktu tersebut, suhu udara di permukaan tanah lebih tinggi dan menyebabkan perbedaan tekanan udara yang besar.

Halaman Selanjutnya
img_title