Jasa Tirta II Dorong Masyarakat Lembang Manfaatkan Sampah dan Limbah Jadi Energi Pupuk

Jasa Tirta II dukung warga Lembang kelola sampah.
Sumber :
  • Ist.

JabarSampah domestik dan limbah ternak yang biasanya menjadi masalah lingkungan, kini menjadi sumber berkah bagi masyarakat di Kampung Areng Desa Cibodas Kecamatan Lembang.

Kurang SDM, Koperasi Sekolah di Subang Jadi Sorotan DKUPP

Dengan bantuan dan bimbingan dari Jasa Tirta II, dua kelompok masyarakat di sana, yaitu Kelompok Masyarakat Bakti Saluyu dan Kelompok Masyarakat Karya Ibu, mampu mengolah sampah dan limbah tersebut menjadi energi baru terbarukan dan produk pupuk.

Sarana pengolahan yang digunakan adalah biogas, yang diresmikan oleh Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti pada Rabu, 6 Maret 2024. Acara peresmian juga dihadiri oleh perwakilan Kecamatan Lembang dan Kepala Desa Cibodas, serta jajaran Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Jasa Tirta II.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

Kegiatan ini melibatkan ibu-ibu rumah tangga di Kampung Areng, yang kini memiliki kesibukan baru dengan mengolah sampah domestik organik dan non-organik. Sampah organik dimasukkan ke dalam biogas, yang kemudian menghasilkan gas yang bisa digunakan untuk memasak.

Selain itu, biogas juga menghasilkan pakan maggot, yaitu larva lalat yang kaya protein. Maggot ini kemudian diolah menjadi pelet dan pur untuk pakan ikan dan ayam kampung. Sementara itu, sampah non-organik, terutama plastik, juga diolah menjadi barang-barang yang bermanfaat, seperti tas, dompet, dan kerajinan lainnya.

Hindari Pinjol Ilegal! Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Masyarakat juga dibina untuk mengolah limbah ternak, terutama sapi perah, menjadi biogas. Selain mendapatkan gas gratis untuk memasak, masyarakat juga bisa memanfaatkan ampas biogas untuk pakan cacing, pupuk organik, dan pelet ikan. Cacing yang dihasilkan bisa dijual dalam bentuk hidup atau kering, dan pupuk organik bisa digunakan untuk menanam sayuran dan tanaman hias.

Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti mengapresiasi kegiatan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title