Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Hukum Menyikat Gigi Saat Berpuasa Ramadhan, Batal atau Tidak?

Ustadz Adi Hidayat (UAH)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

Jabar –Menjelang bulan suci Ramadhan, pertanyaan tentang apakah boleh menyikat gigi saat berpuasa sering muncul di kalangan umat Islam.

7 Tips Esensial untuk Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan

Ustaz Adi Hidayat, dalam berbagai kesempatan, telah memberikan pencerahan mengenai masalah ini.

Beliau menjelaskan bahwa menyikat gigi saat puasa, terutama di siang hari, tidak hanya dibolehkan tetapi juga merupakan amalan mustahab yang sangat dianjurkan.

Hati-hati! Puasa Ramadan Bisa Sia-sia Karena Perbuatan Ini

"Kata Nabi SAW, kalaulah tidak memberatkan kepada umatku, tentu aku akan perintahkan umatku untuk bersiwak setiap kali akan shalat. Kata para ulama di siang Ramadhan justru dianjurkan, ini amalan mustahab," ujar Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari kanal Youtube Ustaz Adi Hidayat Official.

Namun, Ustaz Adi Hidayat juga mengingatkan untuk berhati-hati agar tidak menelan pasta gigi atau air yang digunakan untuk berkumur, karena hal tersebut dapat membatalkan puasa.

Doa-doa Mustajab di Hari Jumat Menurut Ustaz Adi Hidayat, Amalkan di Pagi Hari

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan siwak atau sikat gigi tanpa pasta gigi untuk menghindari kemungkinan tersebut.

Dengan demikian, menjaga kebersihan mulut dan gigi selama Ramadhan tidak hanya membantu dalam menjaga kesehatan tetapi juga merupakan bagian dari amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.