Yusril Tanggapi Gugatan Anies dan Ganjar

Majlis Hakim Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • viva.co.id

JabarYusril Ihza Mahendra, kepala tim hukum Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mengomentari permohonan sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD ke Mahkamah Konstitusi (MK).

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres, Dedi Mulyadi : Prabowo Dipilih Hati Nurani Bukan Bansos

Yusril berpendapat bahwa MK akan menghadapi kesulitan dalam mengabulkan permohonan kedua kubu yang menuntut diskualifikasi Prabowo-Gibran dan pengulangan Pilpres.

"Permohonan kedua pemohon untuk Pilpres ulang setelah diskualifikasi Pak Gibran kemungkinan besar tidak akan dikabulkan oleh MK," ungkap Yusril di Jakarta, pada hari Minggu, 24 Maret 2024.

Dedi Mulyadi Yakin MK Tolak Gugatan PHPU Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Sah Sebagai Pemenang

Menurut Yusril, diskualifikasi Gibran akan berarti Pilpres harus diulang dari awal, termasuk tahap pencalonan, yang tidak mungkin dilakukan secara parsial namun harus di seluruh Indonesia.

Yusril menambahkan bahwa pencalonan Gibran didasarkan pada keputusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023, yang memungkinkan calon di bawah usia 40 tahun yang memiliki pengalaman terpilih dalam pemilu, termasuk pilkada.

Hotman Paris: Otak Saya Lebih Tajam Dari Otak Rocky Gerung!

Jika kubu Anies dan Ganjar menuntut diskualifikasi Gibran, mereka pada dasarnya meminta MK untuk membatalkan keputusan tersebut.

"Kedua pemohon sebenarnya tidak berhadapan dengan KPU atau kami sebagai pihak terkait, tetapi dengan MK itu sendiri. Kami akan melihat bagaimana MK menanggapi permohonan ini," kata Yusril.

Halaman Selanjutnya
img_title