Jasa Tirta II Memastikan Stabilitas Bendungan Ir. H. Djuanda Menjelang Lebaran

Jasa Tirta II pastikan bendungan Ir. H. Juanda aman.
Sumber :

JabarJasa Tirta II telah melakukan pengecekan terbaru terhadap kondisi tampungan Bendungan Ir. H. Djuanda, memastikan keamanan untuk daerah hilir sungai Citarum menjelang libur Lebaran 1445 H, terutama dalam menghadapi musim hujan.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Pada tanggal 05 April 2024 pukul 07:00, tinggi muka air (TMA) Bendungan Ir. H. Djuanda tercatat berada pada elevasi 103,56 mdpl, masih jauh di bawah batas elevasi limpas 107 mdpl.

Dengan kapasitas tampungan air mencapai 2.171,75 juta m3 saat ini, tersedia sekitar 276,09 juta m3 dari total kapasitas Waduk Jatiluhur yang mencapai 2.447,84 juta m3.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

Ini adalah langkah konkret Jasa Tirta II dalam memastikan kebutuhan air masyarakat terpenuhi, baik untuk irigasi, air baku, PLTA, maupun pengendalian banjir di sekitar Bendungan Ir. H. Djuanda.

“Kami menjamin pengaturan air di sungai, Bendung, dan Bendungan tetap beroperasi normal untuk mendukung kebutuhan masyarakat,” ungkap Direktur Operasi dan Pemeliharaan Jasa Tirta II, Anton Mardiyono.

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Selain itu, Jasa Tirta II juga akan mengoptimalkan operasi PLTA Ir. H. Djuanda agar tampungan air waduk tidak melampaui elevasi 107 mdpl (elevasi spillway).

Langkah ini diambil untuk menghindari potensi aliran berlebih di hilir Waduk Ir. H. Djuanda yang bisa memengaruhi Sungai Citarum hilir.

Halaman Selanjutnya
img_title