Cara Cek Penerima BPNT dan PKH dari Kemensos, Klik Link Berikut Ini!

Cara cek penerima bansos PKH.
Sumber :
  • pinterest

JabarBPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan PKH (Program Keluarga Harapan) adalah dua bentuk bantuan sosial yang diberikan pemerintah melalui Kemensos (Kementerian Sosial).

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos 2024 Lewat HP, Ikuti Langkah Berikut!

Dalam tahun 2024, jumlah penerima BPNT mencapai 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sementara PKH mencapai 10 juta KPM.

Meski keduanya adalah bantuan sosial, BPNT dan PKH memiliki perbedaan mendasar tergantung pada jenis kebutuhan masing-masing KPM. BPNT merupakan bantuan sembako atau MRP (Mitigasi Risiko Pangan), yang memberikan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan kepada penerimanya.

Segera Cek Bansos PKH Periode April-Juni 2024! Bisa Diakses Lewat HP

Sementara PKH merupakan jenis bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar, terdiri dari tujuh komponen, seperti Ibu Hamil, Balita, Siswa Sekolah (SD, SMP, dan SMA), Lansia (Lanjut Usia), dan Penyandang Disabilitas.

Penerima BPNT dan PKH adalah mereka yang terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), yang bisa dicek melalui handphone. Ada dua cara untuk mengecek nama penerima kedua bantuan tersebut.

Dapatkan BLT Rp2,4 Juta Hari Ini dari Kemensos, Cara Daftar BNPT 2024 dan Cek Penerima di Sini!

Pertama, melalui laman cekbansos.kemensos.go.id(Klik DI SINI), di mana pengguna perlu mengisi data seperti nama dan tempat tinggal sesuai KTP. 

Kedua, menggunakan Aplikasi Cek Bansos dengan akun yang terdaftar. Jika terdaftar sebagai penerima, laman akan menampilkan jenis bantuan yang diterima.

Halaman Selanjutnya
img_title