Pemkab Purwakarta Dorong Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Tawar

Pemkab Purwakarta Dorong Peningkatan Produksi Budidaya Ikat Tawar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Purwakartaterus menggenjot peningkatan produksi budidayaikan tawar. Hal tersebut guna memperkuat posisi sebagai penghasil utama ikan tawar di Jawa Barat.

Sepanjang 2023, Disperkim Purwakarta Bangun 1.451 Sanitasi Sumber DAK APBN

Demikian diungkapkan Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono pad Kamis, 2 Mei 2024.

Kabupaten Purwakarta memiliki Waduk Jatiluhur sebagai waduk terbesar di Indonesia dan Waduk Cirata yang mampu menghasilkan ratusan ribu ton ikan tawar per tahunnya.

Mobil Mewah Hasil Gratifikasi Diduga Disita dari Eks Bupati Anne?

“Permintaan pasar nasional terhadap ikan air tawar sangatlah besar. Peluang itu bisa dimanfaatkan para pelaku budidaya ikan air tawar di Purwakarta untuk memanfaatkan peluang tersebut,” kata Rudi Hartono.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengatakan, Arah Pj Bupati untuk memperkuat posisi Purwakarta sebagai penghasil utama ikan air tawar di Jawa Barat merupakan langkah yang strategis.

Om Zein Kembalikan Berkas Pendaftaran Cabup Purwakarta ke DPC Partai Gerindra

"Arahan Pj Bupati kita tindaklanjuti secara serius. Kita ingin terus memperkuat Kabupaten Purwakarta sebagai penghasil ikan air tawar utama di Jawa Barat. Sejumlah langkah yang kita persiapkan untuk terus meningkatkan produksi ikan air tawar. Pembinaan dan pelatihan kepada pelaku usaha dan petani ikan air tawar akan terus berlanjut kita kembangkan,” kata Ida.

Ida menjelaskan, saat ini kapasitas produksi ikan air tawar Purwakarta mencapai 108.475 ribu ton per tahun. Produksi ikan itu dihasilkan melalui budidaya ikan air tawar Keramba Jaring Apung (KJA) di waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata, budidaya Kolam Air Deras (KAD), dan Kolam Air Tenang (KAT).

Halaman Selanjutnya
img_title