Sepanjang 2023, Disperkim Purwakarta Bangun 1.451 Sanitasi Sumber DAK APBN

Sanitasi Jamban
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Purwakarta, melansir, sepanjang 2023 kemarin sebanyak 1.451 satuan rumah mendapat sentuhan bantuan sanitasi. Bantuan sanitasi tersebut, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari APBN.

Hasil Survei: Anne Ratna di Pilkada Purwakarta Tenggelam, Duet Om Zen Melesat

Sekertaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Purwakarta, Dian Ardiansyah mengatakan, sampai saat ini pemerintah pusat masih memberikan perhatian serius ke daerah-daerah. Termasuk Kabupaten Purwakarta.

"Kabupaten Purwakarta pada 2023 kemarin mendapat bantuan DAK yang bersumber dari APBN tahun 2023. Bantuan tersebut, untuk program sanitasi dalam upaya penanganan stunting," ujar Dian, kepada sejumlah awak media.

Rayakan HUT ke-57, Jasa Tirta II Beri Beasiswa untuk Atlet Dayung

Anggaran tersebut, lanjut Dian, telah terserap dan terealisasi. Pasalnya, sepanjang 2023 kemarin sebanyak 1.451 satuan rumah telah mendapat bantuan DAK sanitasi tersebut.

Menurut Dian, program pemerintah pusat tersebut lebih menitik beratkan pada pembangunan fasilitas MCK. Hal itu, guna mendorong masyarakat supaya memiliki prilaku hidup bersih. Terutama yang menyangkut kebersihan lingkungan.

Zenjo Maju di Pilkada Purwakarta, KDM Dukung Ingatkan Soal Kepemimpinan Pakai Nurani

Bantuan ini, diperuntukkan membangunan tangki septicktank skala individual beserta bangunan biliknya atau kamar mandinya. Hal itu, guna mengentaskan buang hajat sembarangan yang terkonvergensi dengan stunting.

Pada 2023 kemarin, alokasi anggaran yang digelontorkan untuk Kabupaten Purwakarta mencapai Rp 10,1 miliar. Anggaran tersebut,  jumlah lokasinya mencapai 20 titik. Dengan jumlah pembangunan 1.451 unit atau satuan rumah.

Halaman Selanjutnya
img_title