Daftar dan Raih Bantuan PKH Hingga Rambutan Ribu dengan Langkah Mudah Ini

Pencairan Bansos PKH BPNT BLT 2024.
Sumber :
  • VIVA Banyuwangi

VIVA Jabar – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI terus menyalur Bantuan Sosial (Bansos) khususnya untuk keluarga prasejahtera. Tujuannya tidak lain ialah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Pemerintah RI Bagi-bagi Uang, Cek Penerimanya Disini

Salah satu program yang diluncurkan adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini merupakan salah satu program pemberdayaan yang mencakup beberapa sasaran. Tapi Terkadang ada sasaran yang layak menerima bantuan pemerintah ini hanya saja tidak terdaftar sebagai penerima PKH.

Di laman Kementerian Sosial RI sebagaimana dikutip viva.co.id disebutkan PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH. Program ini telah diluncurkan sejak 2007 sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Selamat! Ibu Hamil Berhak Terima Bantuan Rp.3 Juta dari Pemerintah, Cek Disini

Bagi Anda yang layak menerima tapi tidak terdaftar sebagai penerima PKH, tak perlu khawatir. Jika Anda benar-benar memenuhi syarat, Anda bisa melakukan pendaftaran baik secara online maupun offline.

Adapun persyaratannya yakni masuk katagori rumah tangga sangat miskin (RTSM), ibu hamil/nifas/menyusui, dan memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, memiliki anak SD atau SMP, dan anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.

Cara Daftar Bansos 2024 Secara Online, Bisa Pakai Smartphone

Berikut cara mendaftar PKH secara online:

  1. Unduh Aplikasi "Cek Bansos" melalui Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Setelah mengunduh aplikasi, lakukan registrasi untuk membuat akun baru. Isi informasi pribadi Anda dengan benar, termasuk nama, alamat, dan nomor kontak yang aktif. Pastikan data yang Anda berikan valid dan akurat.
  3. Setelah berhasil membuat akun dan masuk ke beranda aplikasi, cari dan klik opsi "Daftar Usulan".
  4. Kemudian pilih "Tambah Usulan" untuk memulai proses pendaftaran. Anda akan diminta untuk mengisi rincian informasi pribadi yang mencakup data anggota keluarga.
  5. Pilih Jenis Bantuan PKH: Pada tahap ini, Anda harus memilih jenis bantuan sosial PKH yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Tunggu Verifikasi: Setelah proses pendaftaran selesai, Anda hanya perlu menunggu verifikasi dan validasi oleh pihak yang berwenang.
  7. Tim yang bertugas akan mengevaluasi data yang Anda berikan sebelum mengonfirmasi kelayakan Anda sebagai penerima manfaat PKH.
Halaman Selanjutnya
img_title